Persiapan Pernikahan (PART 1)

Bismillaahirrahmaanirrahiim.wrwb
Sebenernya ini hanya catatan pribadi, cuma kan banyak banget orang yang kepengen nikah dan bingung mulai darimana ya 😀

Senang banget nulis-nulis, browsing di internet atau kalau di fb ada artikel bagus di save. Cuma sayang juga kalau gak di sharing. Hehehe moto hidupku adalah berkarya, jadi apapun itu perihal pernak pernik pernikahan aku share tanpa ada niat untuk riya yah (ini hanya sekedar referensi reader dalam menyikapi kebutuhan dan kerumitan persiapan pernikahan )

Our Story last beginning…
Karima & Taofik

(1) Persiapan PRA-Pernikahan :
Persyaratan buat ke KUA
http://thebridedept.com/5-hal-yang-harus-diingat-ketika-mengurus-surat-nikah-ke-kua/
Di kecamatan pangatikan garut, pernikahan harus Bayar uang ke KUA @Rp.1JUTA (pdhl harusnya @Rp.600ribu) kalau di panggil.
– Kalau di kantor KUA bayar nya 500ribu. Itu katanya bayar buat juru ketik yang ga dapat honor dari pemerintah.

(2) Bikin Dekorasi sendiri buat khitbah/lamaran :
http://www.hipwee.com/tips/dekorasi-pernikahan-yang-murah-tapi-unik-bukan-lagi-mimpi-9-properti-buatan-sendiri-ini-bisa-jadi-referensi/

(3) Model foto pra weddings :
www.hipwee.com/tips/12-ide-unik-yang-bisa-kamu-terapkan-demi-foto-prewedding-tak-terlupakan/?utm_content=buffer683ff&utm_medium=social&utm_source=facebook&utm_campaign=fbpage
Target :  natural view
Tempat : talaga bodas, g.piramida
Properti : suling, buku, topi, kacamata, tenda
Fotografer : om iwang**
Biaya cetak dan frame : @Rp.1 juta

(2) Persiapan Pernikahan :
1. MC

2. Fotografer nya.
Harus fix juga, di garut ada beberapa rekomendasi. Aku juga memang gak tahu tentang garut dimana aza
– firman yg fotografer, pacarnya hesti). Dan om iwang.
Kameramen video shooting : om gugum (proses editing @Rp.500-1juta)
– Studio Gaia photographi 2,5juta mulai paket nya
– D2 PHOTOGRAPHI jln, cikuray garut

3. Make up, 3 gaun:
Buat akad: krem atau putih gading ,
Resepsi :pink& salem, dan mint +purple.

rekomendasi MUA WEDDINGS :
1. ELSA SALON 10 juta
2. Dianty salon paketnya 8-15juta
3. Yeni qween salon jln. Wanaraja, belokan cikole sebrang kanan, paket nya mulai dari 8juta

4. Dekorasi panggung gaya minimalis vintage. Perpaduan warna Pink,salem dan putih.
Cek Instagram @anggadecor garut
Atau D2 fotografi dan Dekorasi jalan cikuray, paket nya mulai 15 jutaan

5. 500 Undangan*, 1 kartu @Rp.2000 (ini yg biasa). Ngarep : kartu undangan bentuk puzzle atau Balon*
Free template undangan : http://freebies.about.com/od/weddingfreebies/tp/engagement-party-invitations.htm

Undangan online :
Bikin desain undangan online :
http://www.weddingwire.com/weddings/3773586/wedding_new_website#!/website/3102990#website-page-3102990 annisa dan andik

http://sofietrindi.ijabsah.nolpitu.com

6. Cendramata:
– bibit pohon, atau benih sayuran, bibit kaktus @Rp.3000,- -@5000
http://dinyh.blogspot.co.id/2014/05/green-souvenir-untuk-pernikahan.html?m=1
Akang tersayang, pengennya bibit pot apapun itulah. Katanya biar bisa go green weddings nya. Hehehe menanam kebaikan insyaAllah juga pernikahan kita bisa berkah.
Aku ngarepin nya mending pohon buah-buahan ; , rambutan, mangga, jeruk dll. Yang banyak manfaatnya dg waktu tanam 5tahun berbuah. Ntar pas lewat rumah tetangga lagi musim tuh, kali aza tetangga nya inget kita dulu yang ngasih eh dapat sebungkus hehehe ngarep.com 🙂
Banyak referensi nya di instagram, aku dapat beberapa pricelist nya. Ada di bandung dan bogor. Coba cari cari aza yah

– Bross bahan pita (masih progres,ada kurleb @200buah)
disini sourcenya bnyk yg lucu2 https://www.pinterest.com/keinia/ei-menina-erica-catarina/
buat bross soevenir sendiri, itu kerjaan dari setahun lalu. Baru nyampe ratusan. Belum sesuai target hehe. Tapi lumayan lah kata akang asal ada bibit pohon juga campuran dengan bros cantik ini. Ya alhamdulillah deh 😉

– stik jepang :@Rp.75000/50biji. Lebihin jadi 600 biji
http://www.hipwee.com/tips/8-ide-souvenir-pernikahan-yang-bisa-kamu-buat-sendiri-tanpa-bikin-bengkak-anggaran-resepsi/ soevenir 🙂

http://www.hipwee.com/tips/dengan-10-souvenir-ini-pernikahanmu-takkan-terlupakan-di-mata-tamu-undangan/?utm_content=bufferd312c&utm_medium=social&utm_source=facebook&utm_campaign=fbpage

7. MC khusus upacara adat
Hapus ritual nincak endog,basuh kaki
https://manuskripkesunyian.wordpress.com/2009/10/10/tahap-tahap-dan-rangkaian-acara-perkawinan-adat-sunda/

8. Kue pengantin rasa coklat, brownies atau bisa rainbow cake ( pesan ke? Mungkin toko kue deket rumah akang)

9. Buku tamu desain aja pake laptop, isinya 😉 #fix
Biar mudah dicari, dan hitung jumlah tamu kalo di aplikasi Word atau Excel mah.
Jadi aku sediakan 2 laptop nanti sepupu yang jadi pager ayu yang jagain pintu masuk tamu. Hehe

10. Catering (kalo dirumah ga masak)
#pastikan chef yang PJ di rumah,
orang kulon weh. Teh iyah(kita masak sendiri tanpa catering karena abis nikah pun suka ngasih nasi kotak di tetangga jadi biar lebih murah)

11. Sewa gedung
– bagusnya sih di alun-alun wanaraja 3juta. Bisa langsung belok ke talaga bodas
– sewa aula layung sari, :Rp.300ribu /jam cuma makanan dipaket @Rp.25rb /porsi ~menu standar sunda~( kalo mau lebih tergantung menu)*
– RUMAH KULON, LAHAN KOSONG di pinggir rumah**

HUNTING CINCIN

Alhamdulillah, di persiapan pertama kita Hunting Cincin. Sebenernya sudah seringkali searching2 yang lucu2.

Kita sudah diskusi banyak, sebelum Hunting Cincin kita bingung ini cincin masuk kemana ya?
Cincin lamaran atau cincin mahar?
Nah, karena si akang gakan ngasih mahar perhiasan jadi aku pikir masukkan ke lamaran aza cuma pas nikah tetep dipasangin lagi itu cincin nya hehehe 😀

Awalnya Hunting di internet, cari review toko cincin yang bagus dan modelnya lucu2. Patokannya sih bukan karena mahal, tapi liat juga kualitas barangnya. Minimal ;
1. Secara kan harus cari emas kualitas 75%
2. Toko emasnya berkualitas di kota tsb
3. Modelnya bagus2
4. Pelayanan nya ramah
5. Carilah toko berlian berkualitas baik
6. Review cari di internet

Nah alhamdulillah dapat beberapa review, di garut, di cikini jakarta [kata akang pusatnya perhiasan ], terus di bandung daerah sukajadi, aku dapat review bagus yaitu laris Jewellery, buana, san diamond.

Sebelum nya aku cari ke beberapa toko emas sendirian, duh pusing nya liat bentuk emas sama semua. Tapi aku pengen banget sama emas putih, pakai berlian. Hmmm, jadi kalau mau cari dulu minimal targetnya apa di list soalnya setelah ke lapangan mah pusing banget kalo gapunya pegangan hidup. Ceilah haha

Di sukajadi nemu toko emas dunia, toko laris jaya dan terakhir toko laris Jewellery. Itu toko emas yang jual emas putih jadi ya sekalian searching2 bentuk yang cocok.

Di toko laris jaya sebenernya nemu yang lucu, cuma sekitar 2 gram dan grafir 2 warna putih dan kuning tanpa berlian.
Di toko dunia juga nemuin cincin emas berlian, harga sekitar 4jutaan. Cuma kok biaya bikin emas nya mahal sampai 1juta dg kualitas emas sekitar 420-430 rb.
Di toko emas laris Jewellery pun nemu yang bagus, dari bahan rose gold kombinasi emas putih. Ini cocok cuma harganya lumayan sih 😦

Nah pas besoknya, si akang liburan ke bandung dan sebelum kita balik ke Garut. Kita mampir ke toko emas alhamdulillah pesan costum deh dengan biayanya 700 rb. Pengerjaan 3minggu, dp dulu 20%.

Aku lagi senang banget, akhirnya approve pakai emas rose gold dan berlian. Yang pasti jarang ada di garut di toko sebelah pun, jenis rose gold ini langka *_* makasih akang

Warna rose gold nya cantik kaya gini, bikin aku blink blink karena memang aku suka pink. Duh kesemsem 🙂

image

Ini dapat informasi nya dari IG, namanya @laris_Jewellery
Terimakasih cici yang baik hati. Hehehe

Referensi :

Yang menentukan harga cincin :
1. Harga bahan emas/alloy saat itu (berdasarkan karat, ukuran)
2. Harga batu berlian/swarovsky (berdasarkan kualitas, ukuran)
3. Ongkos pembuatan

Untuk emas saat ini di IDR 450an/gram, alloy IDR 350an/gram, batu berlian 0,05 IDR 1jtan, ongkos pembuatan (variatif tiap toko) IDR 300-700ribu tergantung kerumitan, dan teknik/kualitas pengrajinnya untuk menghasilkan karya minim cela (ceilee bahasanya…).

(review 2012)

Klo mo nyari cincin, saya saranin cari dulu dari yang kira-kira daerah banyak toko masnya, trus jalan deh puterin situ untuk liat model2nya. Ini list yang saya bikin dari hasil survey rekomend para capeng untuk toko mas cincin wedding yang reviewnya oke2, ntah modelnya baru, harga lebih murah, atau aftersales memuaskan. Semoga bermanfaat ^_^

1. Toko Mas Italy
    Jl. Otto Iskandardinata

2. Toko Mas San Diamond
    Jl. Otto Iskandardinata

3. Toko Mas Enam
    Jl. Otto Iskandardinata

4. Toko Mas Lo Khiong
    Jl. Istana Anyar

5. Toko Mas Laris Jewellery
    Jl. Sukajadi

6. Toko Mas Buana
    Jl. Kosambi

SESERAHAN

Hai, reader selamat pagi. Bahas soal seserahan memang gakda habisnya. Apalagi selaku perempuan modern yang banyak kebutuhannya 🙂

Awalnya sih akang kasih budget sekian juta, aku pikir juga jangan terlalu banyak dan mahal yang penting rombongan ada bawaan saat pernikahan. Hmmm, soal tega gak tega juga. Kalau lihat pengalaman teman yang seserahan nya seabrek tapi pas mahar nya kecil cuma 2 gram. Aku jadi berkaca, lebih baik mahar yang terbaik tapi seserahan seadanya gak perlu mahal juga karena habis nikah pun dari kado pernikahan 😀 mungkin juga banyak yang ngasih. (ngarep.com) #nyengirkuda

Terus nantinya uang suami bisa di anggarkan belanja, habis nikah mah kalau ada diskon *%% modus lagi, maaf yah kang

Inilah barikade Seserahan ku :
1) kosmetik
Kebanyakan malah body care, dan face care karena si akang ga suka aku menor. Dia suka aku yang natural dan wangi tentunya hohoho jadi rekomendasi in deh ini

-Pesan online di instagram
@baliratih isinya : body scrub, body butter, body misk, hand body. @105rb

– -pesan online ke @wardahbeauty atau
Cari online shop yang lagi promosi
dan tanya dapat gratisan apa aza ya :
1. Acne cleansing gel
2. Acne treatment gel
3. Acne T pore
4.bedak luminous TWC 01 light beige
5.Lipstik palet pink peach
6. Exclusive liquid foundation
7.staylast liquid eye liner
8. Bb cream

– Lipstik revlon ultra hd 830, rose cantik @Rp.50rb (ada yg rekomendasi ini, cuma aku gabeli. Katanya bagus buat kulit bibir yg kering)

2) mukena dan alquran
Aku jatuh cinta sama alquran medina 🙂 soalnya unyu unyu.si akang setuju sih mau beliin aku alquran buat seserahan cuma mukena nya karena bahannya katun jepang (biasa aja, kalo sekaliber buat seserahan mah pilih yg terbaik aza.) Nah masih bingung, palingan kalo beli bahan mukena cari nya bahan sutera atau semi sutera sekalian.

– Seperangkat mukena set (recomend : tatuis, sutera jepang, silk) warna dasar putih biar sakral. -+@Rp.350-400

– Alquran medina yg desain lucu2 cek ig @teladanrasul, pengennya ukuran sedang; harga yg rata-rata @Rp.110rb- agak besar 170rb. Warna pink sakura
Sempat nyari di pasar baru dan palasari gakda yg se cuco alquran medina.desain nya memang langka sih. Mukenaset safana 512rb
KODE PSSF J03
KODE pale green little rose SF25
KODE SF09 pink tua,biru muda sakura

– Sajadah ada busa nya empuk kaya karpet warna pink @150rb , tapi kalo mau yg biasa beli bahan dasarnya lembut gold terus 3dimensi @50rb (hasil nawar, harga mati) di sebrang gedung pasar baru

3) dress
cari baju online yang lagi promosi, itu juga kalau gak ketipu bahannya. Langsung aza ke toko nya 🙂
Aku lagi suka banget sama Long dress

@riamiranda jenehara @hijabenka @mataharimall.com (nyari diskon %)
Warna: bebas yg penting kalem
ukuran baju L
Panjang dress : 138cm

4) tas gendong warna kalem pink; rekomendasi tas kulit garut (ngarep*) @Rp.500ribu keatas, karena kan wanita karir bawa laptop mulu kemana-mana hohoho
atau cari diskon barang charles and keith, guess,mango ***

5) sendal wedges nomor.39 warna krem atau peach  @Rp.200rb,
cek Instagram @priskyprojects @prisky_coll
Suka sama bahannya kayaknya keliatan bakal awet, terus zaskiya mecca suka banget sendal ini.

6) peralatan mandi
– Baju mandi kimono warna pink
– Sabun cair 450ML
– Shampo Pantene 400 ml
– Sabun sirih
– Sikat gigi travel (2pcs with akang)
– Pasta gigi
– Deodorant

7) perlengkapan tidur
-baju tidur sutera / lingergie
Bisa aku hapus, karena rasanya geli gitu. Duh sudahlah mgkin list ini mau aku hapus sih
– Underware Sorex ukuran QL 100rb(1/2 lusin)
Beli di pasar baru, harga lusinan lebih murah sih dan udah nyaman banget nget.
-Bra golden nick etc ukuran 36B

8) payung cantik warna pink
(kalo nikahan musim hujan mah kepake sih da lucu). Katanya sih, ini adat biar nikahan gak hujan, terus keluarga nya dipayungin terus sama Alloh.

Karena sekarang musim hujan, dan aku gapunya payung juga, yg mahal haha biasa beli yg murah harga 20rb. Mumpung mau nikah yaa beli weh nu rada mahal dikit 😀

9) kain sarung/ kain samping, bahan batik Pekalongan lebih bagus ***
Kata temen disuruh beli, itu masuknya buat perlengkapan habis lahiran. Mungkin dulu kan perempuan keluar rumah pada pakai kain sarung terus kebaya. Nah option aza ini cuma adat. Si akang bilang kalo beli ini dipakai buat perlengkapan lahiran (kan ibu muda abis lahiran pada pakai sarung juga) nanti aza anggarannya yah. Okelah kalau begitu list ini di hapus

10) mesin cuci merk samsung atau Toshiba @Rp.3juta keatas
Nah, perlengkapan rumah tangga yang aku pengen beli pertama kali. Jadi aku bilang sambil rada maksa gitu, pokoknya pengen beli ini.. Kalau gak mampu mah masukin ke mahar aza, hahahaha bukan lagi Seperangkat alat sholat, tapi jadi alat nyuci 🙂

Perempuan modern yang gakmau nyuci pakai tangan hehehe ampun deh kang, alasannya sih biar lebih banyak waktu urus suami. Ceilah wkwkwkw si akang approve deh Horeeeee.. Tapi tapi nanti beli nya abis nikah deh

11) bad cover set. Merk mylove @Rp.450 rb
Option sih, bebas. Aku ga niat beli ini. Karena bad cover juga udah punya satu. Terus nantinya pas abis nikahan di garut tuh banyak banget yang kasih kado sprei. Yah aku pikir nanti aza lah abis nikah, kalo stock sprei berjibun banyak tinggal cari bed cover pasangan nya. Nah jadi kan 1 set (inimah ngarepin kado wkwk) 😀

12) satu set buah-buahan
Ini wajib karena aku suka buah

13) kue the harvest
Nah pengen dibawakan ini, coz kue atau bolu yang lain gakan aku makan karena ga terlalu suka manis hehehe. Cuma bingung banget, kalo beli di jakarta dibawa ke Garut tuh syusah nya coz the harvest kan bahannya banyak dari eskrim. Entahlah tapi aku pengen banget ini.

Udahlah ya, segitu aza reviewnya 😀

KETIKA DITAKDIRKAN BERSAMA

Kami saling kenal saat satu pesantren kilat dulu waktu aku duduk di kelas 2 SMP. Pesantren ramadhan di tahun 2002, remaja muda yang butuh dengan ilmu agama dan akhirnya mengantarkan kita disini bertemu kembali dan disinilah cerita dimulai. 

Selepas pesantren pun kita tetap menjalin hubungan dengan baik, kita suka menikmati hari minggu dengan lari pagi kalaupun tidak janjian, kami kebetulan bertemu sekedar sharing dengan ketua OSIS dan kebetulan aku Bendahara OSIS di SMP berbeda. Jadi kami adalah teman kecil yang suka sharing apapun 🙂

Kami lost kontak waktu SMA, saat aku menunggu hasil pengumuman SPMB dan berniat ke warnet. Tanpa di duga disana aku bertemu dia lagi bersama teman nya. Dan dia membantu browsing internet alhamdulillah aku lulus masuk kampus UPI dan dia lulus masuk Unpad. 

Saat awal kuliah, aku lari pagi dan lagi-lagi tak sengaja bertemu dengan nya. Memberi tahuku bahwa dia kuliah di Polban. Kami hanya bercengkerama pagi sebentar setelah itu kami lost kontak. 

Setelah sekian lama tak berjumpa lagi, tahun 2014 tanpa sengaja ibuku satu bus menuju bandung Barat dengan nya dan saling bertukar nomor telepon. Kami hanya saling sapa di sms Dan sekedar basa basi saja. Dia sempat menanyakan apakah bisa datang ke pernikahan rafika, tapi kami tidak ada kesempatan bertemu. 

Saat Tahun 2015, cerita dimulai kembali. Aku senang banyak perubahan darinya yang dahulu pendiam menjadi pribadi yang sederhana dan menyenangkan, hari-hari dilalui dengan nya nyaman seperti air mengalir.

Perasaan itu tumbuh subur seperti pohon kayu yang daun nya rimbun. Senang sekali ketika kelucuan mu menghiasi hidup ku, tertawa sendiri, semuanya indah saat bersamamu dan kadang suka lupa waktu saat ngobrol apapun. 

Sekarang meskipun jauh,aku di bandung, dia di jakarta.
Kami seakan dekat bahkan kami sedang mempersiapkan hari sakral itu. Terimakasih telah berjuang keras untuk membahagiakan ku, tentang kamu adalah orang luar biasa dengan sikap mu yang membuat ku jatuh cinta berkali-kali. 

alhamdulillah di awal tahun 2016, pertemuan kami hanya beberapa bulan lalu mengajak serius dan sekarang memulai persiapan pernikahan.

Semoga Alloh senantiasa mengiringi langkah kami, melindungi kami, memberikan banyak kemudahan, diberi kelapangan hati dan kelancaran segala rupa proses nya, dan terutama kelancaran rezeki. Mohon doanya yah teman-teman